Rabu, 22 Desember 2010

Penyerapan Teknologi Terhadap Bahasa Indonesia

Teknologi informasi dan telekomunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan sosial, kesehatan serta agama. 
Saat ini kita telah menyaksikan serangkaian perubahan dalam bidang ilmu bahasa, sebagian akibat perkembangan politik seperti halnya di Indonesia yang memproklamasikan bahasa Indonesia puluhan tahun yang lalu dan sebagian lagi mungkin sebagai akibat bertambahnya populasi penduduk atau kemajuan teknologi. Seperti yang diungkapkan tadi, sebuah dialek dalam skala nasional dianggap tidak menonjol, karena dipakai oleh masyarakat di pusat kegiatan politik, budaya dan ekonomi, kemudian menjadi dialek yang penting karena didukung oleh teknologi media massa yang maju. 
Penjelasan diatas membuktikan hubungan bahasa, terhadap kemajuan teknologi yang mengarah pada globalisasi ikut mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia, terutama oleh kemajuan teknologi komunikasi massa, akan selalu mengandalkan bahasa sebagai sarananya. Pengaruh tersebut ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif. 
Pada pembahasan ini, penulis akan menguraikan pengaruh yang positif perkembagn teknologi terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Teknologi yang dimaksud mempunyai arti luas, baik itu mencakup teknologi informasi maupun teknologi komunikasi. 

Perkembangan Teknologi 
Teknologi mempunyai arti luas, namun penulis mengelompokkan menjadi dua bagian, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Kedua teknologi tersebut sangat mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia baik dari segi penulisan maupun segi ucapan atau lebih dikenal lagi dengan istilah dari segi multimedia. 
Manusia senantiasa hidup dalam perkembangan komunikasi. Perkembangan komunikasi menuntut manusia untuk terus mengejarnya agar mampu bersaing dengan manusia lain. Maka terciptalah teknologi yang merupakan buah dari perkembangan manusia yang semakin maju tersebut. Dengan teknologi, kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan komunikasi semakin berkembang. Akibatnya manusia harus menciptakan teknologi baru untuk mengejar kemajuan komunikasi yang semakin cepat tersebut. Begitulah hubungan segitiga kemajuan jaman. 
Teknologi untuk menunjang kemajuan komunikasi itu sendiri terus menerus bermunculan, diimplementasikan dalam bentuk alat-alat yang memudahkan kebutuhan manusia. Mulai dari peralatan komunikasi paling sederhana, yaitu komunikasi dari mulut ke mulut, sampai peralatan teknologi terbaru berupa serat optik. Selalu muncul alat-alat baru yang menggantikan teknologi yang lama, atau muncul sebagai benda yang benar-benar baru. Alat-alat tersebut digunakan manusia untuk saling bertukar informasi, yang kemudian diistilahkan sebagai suatu sistem komunikasi. Sistem tersebut meliputi segala aplikasi yang dimiliki oleh alat-alat tersebut, akibat-akibat yang ditimbulkan, penggunaannya dalam kehidupan dan pertukaran informasi itu sendiri. 
Perkembangan teknologi komunikasi ini tentunya memberikan pengaruh pada struktur masyarakat. Semakin lama semakin terbangun suatu ketergantungan antara masyarakat, teknologi, dan informasi. Salah satunya adalah dengan munculnya kelas-kelas sosial. Jika pada zaman dulu kelas sosial lebih banyak dipengaruhi oleh faktor ekonomi, pendidikan, dan politik, kini kelas sosial ikut dipengaruhi oleh kemampuan seseorang menggunakan teknologi. Seseorang yang mampu menguasai teknologi akan mengungguli orang lain yang tidak cukup memiliki kemampuan tersebut. 
Terkait dengan hal tersebut, perkembangan teknologi juga menimbulkan ketakutan bagi beberapa orang. Orang-orang bukan hanya dituntut untuk dapat saling bersaing satu sama lain, tetapi juga bersaing dengan teknologi itu sendiri. Bagi beberapa orang, perkembangan teknologi menimbulkan ketakutan bahwa mereka akan semakin sulit mendapatkan lapangan pekerjaan. Bentuk pemikiran semacam ini lahir karena semakin lama semakin banyak hal yang dapat dilakukan oleh komputer dan sistem-sistem di dalamnya. 
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Contoh yang termasuk teknologi informasi adalah internet, komputer, faksimili, radio, televisi, LCD Proyektor, dll.
Pengaruh Positif Teknologi terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia. 
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Perkembangan teknologi yang bergitu cepat, akan memicu perkembangan berbagai bidang dan mengakibatkan dampak yang ditimbulkan akibat pergeseran yang ditimbulkan dari pengaruh perkembangan teknologi, baik pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif. 

Berikut ini adalah pengaruh positif perkembangan bahasa Indonesia yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi : 

1. Mailing list adalah tukar menukar pesan atau diskusi melalui email secara elektronik. Diskusi yang dilakukan bisa berupa artikel. Pengaruh positif terhadap perkembagan bahasa Indonesia adalah dalam penulisan artikel pengguna akan menggunakan bahasa Indonesia dan menerapakan kaidah penulisan artikel sehingga artikel yang dihasilkan akan mudah dibaca atau dipahami oleh pembaca. 
2. Semakin diperkaya dengan berbagai konsep baru dari luar yang kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, atau jika menemui kesulitan, kata-kata asing yang mengandung konsep baru itu kita ambil alih dan kita sesuaikan dengan bahasa kita, dengan kata lain menjadi kata serapan. 
3. Masyarakat yang berbudaya menginginkan keteraturan dalam segala hal, termasuk dalam bahasanya. Bahasa diusahakan ditata dengan aturan yang baik sehingga tidak mengurangi makna dan tingkat keindahannya, yang pada akhirnya dapat mengganggu perannya sebagai alat komunikasi. Itu sebabnya kita selalu dianjurkan untuk memakai bahasa yang baik dan benar "baik" dalam pemilihan kata-kata, dan "benar" dalam penataan kata-kata dan ucapannya. Dengan perkembangan teknologi visual, pengucapan bahasa Indonesia akan lebih teratur dan memudahkan pengguna bahasa dalam pengucapan kata-kata yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa EYD. 
4. Penyiar berita membawakan acaranya dengan bahasa yang baik termasuk intonasinya akan mempengaruhi pemirsa yang menyaksikan acara tersebut di TV. Teknologi yang digunakan banyak serap pemirsa sehingga penyebaran bahasa Indonesia semakin berkembang dan dapat diterima. 
5. Pengaruh global teknologi akan memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Pertukarang informasi dari bahasa asing (terutama bahasa Inggris) mempunyai pengaruh terhadap bahasa Indonesia yang tidak dapat dibendung lagi. Contoh information menjadi informasi. 
6. Mempermudah penyampaian bahasa Indonesia dengan perkembangan multimedia kepada semua pihak, baik berupa pelatihan maupun berupa pengajaran. 
7. Pengaruh teknologi mempengaruhi moral masyarakat, bila moral masyarakat baik dalam menerima informasi, maka tutur bahasa yang dikeluarkan akan menghasilkan turur bahasa yang baik dan benar. 
8. Dalam bidang pendidikan, maka saat ini sudah dimungkinkan untuk belajar jarak jauh (e-learning) dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya sudah dapat dilakukan. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran bahasa Indonesia di balik paradigma pembelajaran tradisional, artinya belajar bahasa Indonesia tidak hanya dari penyampai guru/dosen semata-mata melainkan dari pesatnya teknologi. 
9. Cyber university/virtual university memiliki dampak positif yaitu dimana dengan cyber university dapat menghubungkan beberapa universitas untuk sharring resources, untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas bersama tertutama penggunaan bahasa Indoneisa serta tidak adanya batasan wilayah. 
Cyber university/virtual university adalah sebuah aplikasi baru bagi internet. Cyber university atau virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Cyber university/virual university merupakan format distance learning yang memberikan gelar (degree kepada pesertanya). Menggunakan komputer dan jaringan komputer (internet) untuk melaksakan fungsinya. 

10. Teleconference adalah dapat mempertemukan orang-orang dari jarak jauh melalui tampilan suara dan gambar secara langsung/real-time. Jelas bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam media tersebut sebagai alat penyampaian komunikasi bahasa secara cepat walaupun jaraknya berjauhan. 
11. Arus globalisasi yang didukung teknologi informasi ikut memacu perkembangan bahasa Indonesia, terutama dalam persiapan memasuki tatanan kehidupan dunia yang baru. Tatanan kehidupan dunia yang baru telah membuka lembaran baru dalam kehidupan umat manusia. Kehadiran teknologi informasi (seperti telepon, faksimile, dan internet) dengan kemampuan daya jangkau yang dapat menerobos batas ruang dan waktu telah melahirkan keterbukaan sehingga dunia ini bagaikan sebuah desa global. Teknologi informasi itu menggunakan bahasa sebagai pengantar maka dalam media itu terpajang berbagai macam bahasa dunia. 
12. Memanfaatkan kembali variasi kosakata (bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing) oleh penutur bahasa (kata-kata usang) dan menghidupkan kembali kata-kata tersebut. Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya bahasa asing mempengaruhi bahasa Indonesia akibat perkembangan teknologi. 
13. Pengaruh teknologi informasi dalam berbagai bidang, seperti penciptaan mesin penerjemah dalam dunia media elektronik, memang di satu sisi membawa dampak positif yaitu untuk memudahkan pekerjaan alih bahasa. 
14. Mengangkat bahasa Indonesia kejenjang dunia atau tingkat internasional. Dengan teknologi internet terutama dalam pembuatan web atau blog atau artikel menggunakan bahasa Indonesia, maka akan dilihat oleh pengguna internet (user) tentang situs tersebut yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu penduduk Indonesia merupakan penduduk terpadat ke lima didunia. 

SUMBER : http://mad-soheh.blogspot.com/2009/12/dampak-positif-teknologi-thd.html



Pendapat / Komentar :


Menurut saya, Pengaruh teknologi terutama teknologi informasi dan teknologi komunikasi terhadap perkembangan Bahasa Indonesia mempunyai dampak positif yang besar. Salah satu dampak positif yang saya ambil adalah  pengaruh bahasa asing dijadikan bahasa serapan dalam bahasa Indonesia, memudahkan pengguna dalam menerjemahkan bahasa Indonesia dengan teknologi mesin penerjemah dapat memperoleh informasi secara cepat lewat berbagai media seperti TV, radio dan internet. Namun, tidak hanya memberikan dampak positif tapi perkembangan teknologi juga mempunyai dampak negatif contoh nya saja pada internet seperti menyebar video porno dan lain lain. Untuk itu saya menghimbau agar teknologi ini digunakan pada hal hal yang positif bukan yang negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar