MODEL PENGEMBANGAN STANDAR PROFESI
DI AMERIKA (USA DAN KANADA)
- Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
- Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
- Secara global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan tenaga professional Tl. Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information Technology Association of America) dan European Information Technology Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di bidang Tl.
Dibawah
ini salah satu contoh standar profesi di benua Amerika, khususnya di Negara USA
dan Kanada.
1. Kode
Etik Profesional
Pejabat
Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika Serikat dan Kanada adalah
organisasi profesional pejabat publik bersatu untuk meningkatkan dan
mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan pemerintah
dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan strategi fiskal,
kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk
lebih tujuan tersebut, aparat pemerintah membiayai semua diperintahkan
untuk mematuhi standar hukum, moral, dan profesional perilaku dalam
pemenuhan tanggung jawab profesional mereka. Standar perilaku profesional
sebagaimana diatur dalam kode ini diwujudkan dalam rangka meningkatkan
kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
2. Pribadi
Standar
Petugas
pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan dan didedikasikan untuk cita-cita
tertinggi kehormatan dan integritas dalam semua hubungan masyarakat dan
pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan, dan keyakinan yang
mengatur pejabat, pejabat publik lainnya, karyawan, dan masyarakat.
•
Mereka
harus mencurahkan waktu, keterampilan, dan energi ke kantor mereka baik
secara independen dan bekerja sama dengan profesional lainnya.
•
Mereka
harus mematuhi praktek profesional disetujui dan standar yang dianjurkan.
3.
Tanggung jawab sebagai Pejabat Publik
Petugas
pembiayaan Pemerintah harus mengakui dan bertanggung jawab atas tanggung jawab
mereka sebagai pejabat di sektor publik.
•
Mereka
harus sensitif dan responsif terhadap hak-hak publik dan kebutuhan-kebutuhannya
berubah.
•
Mereka
harus berusaha untuk memberikan kualitas kinerja tertinggi dan nasihat.
•
Mereka akan bersikap bijaksana dan integritas
dalam pengelolaan dana dalam tahanan mereka dan dalam semua transaksi keuangan.
• Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan
semangat undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan
mereka dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
4.
Pengembangan Profesional
Petugas
pembiayaan Pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka
sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega mereka, dan untuk
memberikan dorongan untuk mereka yang ingin memasuki bidang keuangan
pemerintah. petugas Keuangan harus meningkatkan keunggulan dalam
pelayanan publik.
5.
Integritas Profesional – Informasi
Petugas
pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan
dan pengelolaan informasi.
• Mereka tidak akan sadar tanda, berlangganan,
atau mengizinkan penerbitan pernyataan atau laporan yang berisi salah
saji atau yang menghilangkan fakta material apapun.
• Mereka harus menyiapkan dan menyajikan
laporan dan informasi keuangan sesuai dengan hukum yang berlaku dan
praktek yang berlaku umum dan pedoman.
•
Mereka harus menghormati dan melindungi
informasi rahasia yang mereka memiliki akses berdasarkan kantor mereka.
• Mereka harus sensitif dan responsif terhadap
pertanyaan dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan pemerintah
negara bagian atau lokal.
6.
Integritas Profesional – Hubungan
Petugas
pembiayaan Pemerintah harus bertindak dengan kehormatan, integritas, dan
kebajikan dalam semua hubungan profesional.
• Mereka harus menunjukkan kesetiaan dan
kepercayaan dalam urusan dan kepentingan pemerintah yang mereka layani,
dalam batas-batas Kode Etik ini.
• Mereka tidak akan sadar menjadi pihak atau
membiarkan aktivitas ilegal atau tidak layak. Mereka harus menghormati
hak, tanggung jawab, dan integritas dari rekan-rekan mereka dan pejabat
publik lainnya dengan siapa mereka bekerja dan asosiasi.
•
Mereka harus mengatur semua hal personil
dalam lingkup kewenangan mereka sehingga keadilan dan ketidakberpihakan
mengatur keputusan mereka.
• Mereka akan mempromosikan kesempatan
kerja yang sama, dan dengan berbuat demikian, menentang diskriminasi,
pelecehan, atau praktik yang tidak adil lainnya.
7.
Konflik Kepentingan
Petugas
pembiayaan Pemerintah harus secara aktif menghindari munculnya atau kenyataan
benturan kepentingan.
• Mereka harus melaksanakan tugas mereka tanpa
bantuan dan harus menahan diri dari terlibat dalam hal-hal di luar
kepentingan keuangan atau pribadi yang tidak sesuai dengan kinerja tidak
memihak dan tujuan tugas mereka.
• Mereka tidak akan, secara langsung atau
tidak langsung, mencari atau menerima keuntungan pribadi yang akan
mempengaruhi, atau tampaknya mempengaruhi, pelaksanaan tugas resmi
mereka.
• Mereka tidak akan menggunakan milik umum
atau sumber daya untuk keuntungan pribadi atau politik.
Model dan standar
profesi di Eropa (Inggris, Jerman dan Perancis)
Standar Praktek yang dikembangkan oleh
COTEC adalah kode sukarela yang dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional
untuk membangun dan mengembangkan kode nasional sesuai dengan standar Eropa
praktek untuk terapis okupasi. Hal ini dimaksudkan untuk penerapan umum namun
dapat dimodifikasi untuk daerah spesialis misalnya pediatri praktek, kepedulian
masyarakat, dan lain-lain.
Apabila ada kelompok yang ingin
melakukan seperti ini, setiap masalah yang berhadapan dengan standar praktek
harus diberikan kebijakan dan pertimbangan informasi karena mereka telah
disertakan untuk relevansi mereka untuk satu atau kegiatan lain dari praktek
profesional kami. Hal yang sangat penting adalah isu-isu yang termasuk dalam
standar praktek, saat ini harus relevan dengan anggota profesi yang
menggunakannya.
Standar praktek COTEC adalah pernyataan
kebijakan yang membantu untuk mengatur dan menjaga standar praktek profesional
yang baik. Dalam kasus dimana keputusan harus dibuat tentang perilaku tidak
profesional dari seorang ahli terapi kerja, kode dapat digunakan sebagai
panduan standar perilaku profesional yang benar. Wakil untuk COTEC diminta
untuk memastikan bahwa penutur aslinya yang menterjemahkan kode kedalam bahasa
Eropa lainnya karena terdapat frase dan istilah yang sulit diterjemahkan.
Terdapat dua bagian utama dalam dokumen ini, yaitu :
* Kode Etik Federasi Dunia Kerja Therapist
* Standar Praktek COTEC yang dirancang tahun 1991 dan
diperbaharui tahun 1996
1. Pribadi Atribut
Pekerjaan
therapist memiliki integritas pribadi, kehandalan, keterbukaan pikiran dan
loyalitas yang berkaitan dengan konsumen dan bidang professional dan
keseluruhan. Pekerjaan terapis merupakan pendekatan terhadap semua konsumen
yaitu menghormati dan memperhatikan situasi masing-masing konsumen. Pekerjaan
ini juga tidak bertindak diskriminasi terhadap para konsumen. Rahasia informasi
pribadi para konsumen akan dijamin dan setiap rincian pribadi yang disampaikan
berdasarkan persetujuan mereka.
2. Perilaku dalam tim terapi pekerjaan
dan dalam tim multi disiplin
Pekerjaan
terapis bekerja sama dan menerima tanggung jawab dalam satu tim yang mendukung
tujuan medis dan psikososial yang telah ditetapkan. Pekerjaan terapis adalah
menyediakan laporan tentang kemajuan intervensi mereka dan memberikan anggota
lain dari tim dengan informasi yang relevan. Pekerjaan terapis berpartisipasi
dalam pengembangan profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya
menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam kerja profesional
mereka.
3. Promosi profesi
Pekerjaan
terapis mempunyai komitmen untuk memperbaiki dan mengembangkan profesi pada
umumnya. Mereka juga prihatin terhadap promosi terapi okupasi yang
lain, masyarakat organisasi professional dan pengaturan badan-badan nasional
seta internasional tingkat regional.
4. Standar praktek
konsumen
Untuk tujuan standar COTEC Praktek Konsumen, istilah yang
digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan atau wali. Hal ini juga termasuk
mereka yang merupakan tanggung jawab terapis kerja.
MODEL DAN STANDAR PROFESI AMERIKA DAN EROPA
Model
Pengembangan Standar Profesi
•
Organisasi
profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang
menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan
fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka
sebagai individu.
•
Semakin
luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang
yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan,
instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
•
Secara
global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan
tenaga professionalTl. Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh
ITAA (Information Technology Association of America) dan European Information
Technology Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000
pekerjaan di bidang Tl.
Model dan Standar Profesi di USA Vs
EROPA
Pustakawan dan Konsep Negara Modern
Satu hal penting mengapa profesi pustakawan dihargai di
Amerika adalah bahwa dari sejarahnya, perkembangan profesi pustakawan di
Amerika Serikat sejalan dengan sejarah pembentukan Amerika Serikat sebagai
negara modern dan juga perkembangan dunia akademik. Pada masa kolonial, tradisi
kepustakawanan di dunia akademik merupakan bagian dari konsep negara modern,
utamanya berkaitan dengan fungsi negara untuk menyediakan dan menyimpan
informasi. Oleh karena itu, profesi purstakawan (bibliographist) dan ahli
pengarsipan (archieving specialist) mulai berkembang pada masa itu. Sejalan
dengan itu, posisi pustakawan mengakar kuat di universitas-universitas dan
tuntutan profesionalitas pustakawan pun meningkat. Untuk menjadi seorang
pustakawan, Seseorang harus mendapatkan gelar pada jenjang S1 pada area
tertentu terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan ke jenjang S2 di bidang
perpustakaan. Khusus untuk pustakawan hukum, beberapa sekolah perpustakaan
memiliki jurusan khusus pustakawan hukum. Umumnya gelarnya berupa MLS atau MLIS
(Master of Library and Information Science). Pendidikan jenjang S2 ini ditempuh
selama dua tahun. Sistem pendidikan yang seperti ini sangat kondusif untuk
menciptakan spesialisasi dalam profesi pustakawan itu sendiri, yang tidak hanya
mampu membuat dan menyusun katalog namun juga memiliki pengetahuan khusus di
bidang tertentu, misalnya pustakawan yang juga memiliki pengetahuan di bidang
hukum. Untuk memastikan hal ini, dibentuklah panduan profesi pustakawan yang
memastikan seorang pustakawan harus memiliki gelar profesional pustakawan.
Selain harus memiliki sertifikat, para pustakawan profesional ini pun juga
terus mengembangkan pendidikan profesinya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan
di area tertentu yang berkaitan dengan pengolahandokumen.
Hal ini penting untuk menghadapi perkembangan dunia elektronik yang juga berpengaruh terhadap kebutuhan pengguna dan proses pengolahan.
Hal ini penting untuk menghadapi perkembangan dunia elektronik yang juga berpengaruh terhadap kebutuhan pengguna dan proses pengolahan.
Ref:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar