Kamis, 07 Oktober 2010

KEISTIMEWAAN TEH

Mencegah dan Mengobati Penyakit Osteoporosis

TEH adalah minuman yang sudah di kenal hampir di seluruh dunia. Selama ini orang hanya mengetahui manfaat teh hijau sebagai antioksidan. Namun, para peneliti di Hong Kong menemukan bahwa teh juga bermanfaat bagi tulang, yakni sebagai pencegah dan mengobati osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Ping Chung Leung dari Institute of Chinese Medicine di Chinese University of Hong Kong, yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa salah satu zat katekin yang terkandung dalam teh hijau yaitu EGC dapat menstimulasikan aksi dari enzim kunci yang membantu proses pertumbuhan tulang hingga mencapai 79%. Efek dari tingginya jumlah EGC akan meningkatkan kadar dari mineralisasi tulang dalam sel sehingga yang membuat tulang menjadi kuat.
       Selain itu, EGC bisa melemahkan aktivitas dari osteoclast yang bisa menghambat penyerapan tulang dan katekin tidak menyebabkan efek beracun dalam sel tulang. Hasil penelitian ilmuwan Taiwan menyebutkan, meminum segelas teh hijau atau lebih dalam sehari bisa melawan efek buruk rokok yang bisa menyebabkan kanker paru-paru. I-Hsin Lin, peneliti dari Chung Shan Medical University Taiwan menyatakan bahwa antioksidan yang ada didalam teh hijau bisa menghambat pertumbumbuhan tumor. Studi peneliti ini telah dipresentasikan di American Association for the Study of Lung Cancer, California pada awal 2010.
       Lin menemukan adanya efek proteksi terutama pada grup perokok yang mempunyai genotipe spesifik tidak terkait dengan resiko kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar